Translate

Tuesday, January 6, 2015

Vishuddha

Hurray! Hari Wisuda yang dinantikan para fresh graduate Stisipol Candradimuka Palembang akan segera tiba. Yup, tanggal 12 Januari 2015 yad mereka akan mengenakan toga, jubah panjang dominasi warna hitam, lengkap dengan topi kelir hitam persegi lima plus tali kuncirnya. 

Hari Wisuda, tentu akan menjadi satu hari terindah dalam hidup seseorang. Apalagi bila proses yang dilalui selama dibangku kuliah cukup berat, menyita waktu, biaya, dan tenaga. 

Suka, duka, dan galau.  Suka karena lepas dari beban tanggung jawab sebagai mahasiswa. Duka karena akan berpisah dengan kawan-kawan. Galau karena harus cari pekerjaan, yang ga mudah didapat. Lepas satu beban, namun beban beban lain menunggu.

Pun demikian, hari Wisuda tetaplah hari spesial, yang akan dikenang, dan menjadi bagian dari episode kehidupan seseorang. Hari bahagia karena berhasil membuktikan bahwa seseorang itu menjadi bagian dari orang-orang yang "berilmu".

Wisuda berasal dari bahasa Sansekerta vishuddha yang bermakna murni (pure). Murni artinya tidak bercampur baur dengan unsur atau elemen lain. Atau bermakna menjadi sesuatu yang dominan atau menguasai sesuatu diantara sesuatu-sesuatu yang lain. Dalam konteks akademik, murni disini, menurut saya, bisa diartikan bersih dari sesuatu yang berpotensi merusak atau mengotori. 

Artinya,  seorang wisudan/wati  diharapkan bersih, "suci" dari anasir anasir kebodohan dalam kehidupan. Siap untuk menularkan kemurnian tersebut kepada mereka yang "belum murni", yang tidak tahu, yang tidak punya kesempatan, yang tidak tergerak untuk mengubah dirinya menjadi "murni".

Tentu saja, saya haqqul yakin tidak banyak atu bahkan tidak ada sarjana sarjana baru itu yang berpikir ke arah sana. Dan itu bukan dosa. Bukan pula kemestian untuk mereka pahami, karena ketika saya mengalami itu 13 tahun yang lalu, saya pun masih bingung mau ngapain seletelah wisuda. 

So, setelah hari Wisuda yang penuh kebahagiaan dan keharuan itu berlalu, maka mereka akan kembali menjadi manusia biasa yang akan bergelut dengan rutinitas rutinitas hidup nan melelahkan. Menjadi hamba-hamba Allah yang berjuang dalam kodratnya masing-masing. 

Anyway
congrats to you all, my great students. Hope there always be a solid bridge before your very eyes that could be used to gain your dreams.


Wallahu'alam

1 comment: